Adab Seorang Santri Terhadap Diri Sendiri

Seorang pelajar atau santri seyogyanya harush memiliki adab dan tatakerama yang baik. Selain memiliki adab kepada guru dan teman-temannya, santri juga harus memiliki adab terhadap diri sendiri. Adapun adab yang harus dimiliki santri terhadap diri sendiri sebagai berikut:
Seorang pelajar atau santri seyogyanya harush memiliki adab dan tatakerama yang baik. Selain memiliki adab kepada guru dan teman-temannya, santri juga harus memiliki adab terhadap diri sendiri. Adapun adab yang harus dimiliki santri terhadap diri sendiri sebagai berikut:

Menghindari Diri dari Sifat Ujub

Ujub adalah melebih-lebihkan kenikmatan dan lupa bahwa Allah lah Dzat yang membarikan semua kenikmatan tersebut kepada dirinya serta menganggap segala pencapaian yang ia peroleh merupakan jerih payahnya sendiri.

Ibnul Mubaraq berkata:

Ujub adalah kertika seseorang menganggap dan merasa dirinya memiliki kelebihan yang oranglain tidak memilikinya

Dengan demikian kita mengetahui bahwa ujub itu merupakan sikap atau perilaku yang tercela meskipun hanya di batin. Misalnya ada orang yang bangga dengan diri nya sendiri bahwa dia memiliki kepintaran sehingga dengan kepintaran yang dia miliki dia memandang orang lain dengan pandangan yang hina dan rendah.

Hal ini sangat tidak dibolehkan dalam islam, karena kita harus menyadari semua yang kita miliki merupakan karunia dari Allah dan jangan sampai kita ujub dengan karunia tersebut.

Tawadhu’

orang yang tawadhu’ dan dan bersikap jujur akan mudah dikasihi dan di percaya oleh orang lain.

Tawadhu’ bukan berarti orang yang rendah diri, tetapi orang yang percaya diri, berani dan selalu optimis. Dengan memiliki sifat tawadhu’ seseorang yang merasa dirinya biasa-biasa saja akan tetapi ia memiliki banyak kelebihan dari orang lain.

Diantara ciri ciri yang di miliki oleh orang yang tawadhu’ adalah tidak berambisi untuk menjadi orang yang dikenal oleh penduduk bumi. Orang yang tawadhu’ sangat banyak keutamaannya diantaranya adalah derajatnya diangkat oleh Allah, menghasilkan keselamatan, terhindar dari sifat sombong, dan lain sebagainya.

Berwibawa

Agar seseorang terlihat berwibawa, hal yang harus dilakukan adalah

-    -Menjaga sikap

Untuk menjaga sikap kita perlu berbicara hal-hal yang urgen saja. Ketika seseorang mampu menjaga mulutnya dari perkara yang tidak penting maka itu dapat membuktikan kalah ia adalah orang yang efektif dan realistis. Selian dengan tidak banyak berbicara perlu juga untuk mengurangi gurauan

-Selalu Tenang

Ornag yang mampu bersabar dan tetap tenang dalam situasi gentig dan mendapat masalah yang besar adalah orang yang memiliki sifat kedewasaan yang matang.

-     -Memiliki wawasan yang luas

   Dengan wawasan yang luas membuat seseorang lebih mudah dalam mencari bahan pembicaraan dan mudah untuk menyesuaikan diri dengan lawan bicara. Selain itu orang yang memiliki wawasan yang luas juga sangat mudah untuk bersosialisasi dengan berbagai kalangan.

         Mejaga pandangan dari hal-hal yang buruk

Menjaga pandangan dalam Islam adalah menundukkan pandangan. Ini merupakan hal yang sangat penting sekali untuk diperhatikan karena dengan tidak menjaga pandangan akan muncul tindakan-tindakan asusila dan kriminal.

        Amanah

orang yang memiliki sifat amanah maka ia akan membawa keamanan dan menebar kebaikan serta damai bagi setiap orang di sekitarnya. Orang yang amanah akan selalu berusaha mengajak orang lain untuk tetap berada dalam petunjuk dan hidayah Allah, serta membimbing untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.