Virus Corona Dalam Pandangan Islam

Virus Corona Dalam Pandangan Islam

A. Pengertian Virus Corona

Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan terhadap sistem pernapasan bahkan bisa mengakibatkan kematian jika tertular penyakit ini. Virus ini merupakan jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Awal mula virus ini ditemukan pada Bulan Desember 2019 di kota Wuhan, Cina. Virus ini menyebar dengan cepat dan telah meluas ke wilayah lain di Cina bahkan sampai ke beberapa negara lain seperti Indonesia. 

B. Gejala Virus Corona

Jika terinfeksi Virus Corona maka dapat menyebabkan penderinya mengalami gejala flu, seperti selesma, sakit kepala, nyeri pada tenggorokan, batuk, demam, sesak napas, batuk berdarah, dan nyeri pada dada. Akan tetapi secara umum ada tiga gejala yang dapat menandakan seseorang terinfeksi Virus Corona:

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Sesak napas
Hasil penelitian mengatakan gejala infeks virus Corona ini tampak dalam dua hari sampai dengan dua minggu setelah paparan Virus Corona. Apabila anda atau orang di sekitar anda mengalami gejala Virus Corona seperti yang disebutkan diatas maka segeralah ke dokter. 

C. Penyebab Terkena Virus Corona

Infeksi virus Corona disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Secara umum coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan dan sedang saja. Akan tetapi virus ini juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti MERS, SARdan pneumonia. 
Seseorang dapat terkena coronavirus melalui beberapa cara:
  1. Menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita virus Corona. 
  2. Menutup mulut atau hidung menggunakan tangan tanpa mencuci terlebih dahulu, setelah menyentuh barang-barang yang terkena liur penderita. 
  3.  sering berdekatan dengan penderita, seperti berjabat tangan atau bersentuhan . 
Virus Corona ini dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih beresiko menyerang orang tua, atau orang yang sedang sakit dan memiliki kekebalan tubuh yang lemah. 

D. Pandangan Islam Tentang Virus Corona 

Diduga bahwa virus Corona ini disebabkan oleh mengkonsumsi hewan liar, seperti kelelawar. Di Cina sup kelelawar diperjualbelikan untuk dikonsumsi, padahal ini merupakan salah satu penyebab munculnya virus Corona. 

Terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama terkait hal ini. Mayoritas para ulama diantaranya adalah ulama mazhab Syafi'i, ulama mazhab Hambali, dan sebagai ulama mazhab Hanafi mengatakan bahwa kelelawar hukumnya haram untuk dikonsumsi. 

Syekh Ibnu Abidin yang bermazhab Hanafi mengatakan bahwa: " menurut mazhab kami, diperbolehkan untuk memakan burung layang-layang dan burung hantu, dimakruhkan memakan burung shurad dan burung hud-hud. Sementara untuk hukum mengkonsumsi kelelawar diperdebatkan." (Muhammad Amin bin Abidin, Raddul Muhtar ala Ad-Durril Muhtar, juz 26, h. 188)

Islam adalah agama yang sempurna yang mengatur seluruh lini kehidupan, baik itu hal yang kecil sekalipun sampai kepada perkara yang besar, termasuk di dalamnya juga makanan. Sebagai mana hadis dari Abu Hurairah r.a ia berkata: Rasulullah saw. Bersabda: "Sesungguhnya Allah itu baik, dan Allah tidak mau menerima sesuatu kecuali sesuatu itu adalah baik.”



Allah swt. juga berfirman dalam Q.S Al-Mukminun:51
يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا ۖ إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ
Artinya: "wahai para Rasul, makanlah olehmu dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah olehmu amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Dari sini dapat kita lihat bahwa Allah swt. dan Rasul-Nya memerintahkan kita selaku umatnya untuk memilih makanan yang halal lagi baik untuk dimakan. 

Di dalam kitab Hâsyiyat âl Qalyûbî wa Umairah disebutkan : “Dikatakan bahwa Al-Khuthâf untuk jenis binatang kelelawar, yaitu Al-Wathwhat hukumnya juga haram untuk dikonsumsi,” (Syekh Qalyubi dan Umairah, Hâsyiyat âl Qalyûbî wa Umairah, juz 4, halaman 642).

KUNJUNGI KAMI JUGA:
*KEPO ISLAM
*KEPO SEHAT
LihatTutupKomentar