7 Amalan Sedekah Jariyah Melimpah Pahala

Islam sangat mementingkan dan memperhatikan amal. Begitu banyak, zakat atau sedekah adalah salah satu dari lima rukun Islam. Tujuan yang mendasarinya adalah untuk memastikan bahwa kekayaan dibagi rata di antara yang kaya dan yang miskin sehingga tidak ada titik fokus kekayaan.

Konsep ini memastikan bahwa orang miskin tidak menderita karena harus mengalami kondisi hidup yang mengerikan.

Sedekah Jariyah

Sedekah berarti amal dan Jariyah berarti berkelanjutan. Dengan demikian, secara keseluruhan, Sedekah Jariyah berarti amal yang berkelanjutan yang menyiratkan bahwa imbalan dari tindakan tertentu terus diberikan kepada orang yang telah melakukan tindakan tersebut, bahkan setelah dia mati.

Jadi, kita harus berusaha melakukan Sedekah Jariyah ini sebanyak mungkin. Sedekah Jariyah ini akan terus memberi manfaat bagi semua orang bahkan setelah kita meninggal. Selama Sedekah Jariyah ini bermanfaat bagi seseorang, kita akan terus dihargai oleh Allah (SWT). Bahkan tindakan-tindakan kecil seperti tersenyum dianggap sebagai sedekah (amal sukarela). Nabi Muhammad (saw) berkata:

Senyummu untuk saudaramu adalah sedekah. (At-Tirmidzi, 1879)
Setelah seseorang meninggal, tidak ada yang bisa dia lakukan atau terputuslah amalannya. Perbuatan yang kita lakukan dalam hidup ini akan catat oleh Malaikat dan Anda akan muliakan atau dihukum sesuai dengan amal yang kita lakukan. Namun, seperti dilansir Abu Hurairah:

Rasulullah berkata:
Ketika seorang pria meninggal, perbuatannya berakhir kecuali untuk tiga hal: Sedekah Jariyah (amal tanpa henti); pengetahuan yang bermanfaat, atau keturunan yang saleh yang berdoa untuknya (untuk orang tua yang sudah meninggal). (Muslim 4005)

Berikut adalah beberapa amal ( sedekah jariyah ) yang dapat membantu kita mendapatkan sedekah Jariyah:


1. Menanam pohon. Setiap kali seseorang mendapat manfaat dari pohon dengan duduk di bawah naungannya atau dengan memakan buahnya, kita akan menerima pahala dari sedekah jariyah ini.

2. Membantu (melalui bantuan keuangan atau fisik) dalam membangun masjid atau panti asuhan.

3. Membayar pendidikan siswa atau mengajar siswa secara gratis.

4. Bantu seseorang mempelajari Doa atau mengirim mereka Doa / Surah untuk dibaca. Di zaman sekarang, ada banyak cara untuk dapat melakukan itu ( sedekah jariyah ). Anda dapat mengirim mereka aplikasi Islami yang berisi doa-doa dan Al-Quran

Kita bahkan dapat mengirimkan salinan Al-Quran atau doa-doa kepada orang-orang. Setiap kali mereka membaca Doa / Surah, tindakan tersebut akan terbukti menjadi sedekah Jariyah untuk kita

5. menyayangi anak yatim. Anda dapat mensponsori sebagian dengan meminjamkan dukungan finansial atau menyayanginya.

6. menggali sumur. Setiap kali seseorang minum dari sumur atau milik kita, kita akan diberi pahala oleh Allah (SWT) sebagau sedekah jariyah.

7. Menyumbangkan kursi roda atau peralatan lain ke rumah sakit atau membantu membangun rumah sakit untuk orang miskin dan yang membutuhkan. Setiap kali rumah sakit atau peralatan digunakan, kita akan menerima pahala sebagai sedekah jariyah.

Jika dipikir-pikir, tindakan-tindakan yang telah diuraikan di atas tidak memerlukan banyak usaha, namun manfaat yang akan mereka petik tidak ada habisnya. Ketika orang, hewan, atau siapa pun pada dasarnya akan mendapat manfaat dari tindakan-tindakan ini setelah kita meninggal dunia, ganjaran akan terus bertambah kepada orang-orang dari perbuatan baik yang kita lakukan ketika kita masih hidup.

Demikian pula, seseorang dapat berkontribusi dengan uang dan mencari nafkah untuk banyak orang. Semakin banyak kita rela menghabiskan harta kita di jalan Allah (SWT), semakin banyak berkah yang diberikan Allah kepada kita.

perumpamaan dari mereka yang menghabiskan harta mereka di jalan Allah seperti benih [biji-bijian] yang menumbuhkan tujuh tangkai; di setiap tangkai ada seratus butir. Dan Allah melipatgandakan [pahala-Nya] untuk siapa Dia kehendaki. Dan Allah Maha Menguasai dan Mengetahui. (Al-Quran 2: 261)

Melakukan semua tindakan yang disebutkan di atas tidak hanya akan memberi kita pahala terus menerus, tetapi juga akan membantu banyak orang dalam proses tersebut dan bahkan mungkin memulai rantai kebaikan.

LihatTutupKomentar