Pentingnya Taqwa dalam Islam dan Manfaatnya dari Quran



Apa itu Taqwa?

Taqwa didefinisikan sebagai takut kepada Allah ketika seseorang takut (taqwa) kepada Allah SWT maka ia tidak akan berbuat dosa. Taqwa menggabungkan kesadaran dan rasa takut kepada Allah serta kesalehan. Kesalehan pada dasarnya adalah kebenaran yang hanya bisa diperoleh dengan ketaatan (Taqwa) kepada Allah SWT dan menahan diri dari larangan-larangan-Nya. Kita dapat mengatakan bahwa Taqwa adalah kunci menuju kebahagiaan dan kesuksesan dalam kehidupan ini dan juga akhirat. Taqwa bertindak sebagai saluran di mana umat Islam berhubungan satu sama lain dalam masyarakat dan juga media untuk menghubungkan tindakan mereka.

Pentingnya taqwa dalam Islam

Hanya Allah sajalah Pencipta dunia ini dan Dia Maha Penyayang bagi semua umat manusia, berulang kali disebutkan dalam Al Qur'an. Taat kepada Tuhan yang agung tidak terbatas hanya untuk memenuhi tindakan keagamaan, tetapi juga bermoral dalam setiap aspek kehidupan, seperti yang diamati dalam ayat Al-Quran berikut: “Hai, kamu yang beriman! Ketika kamu melakukan pembicaraan rahasia, lakukan itu bukan untuk dosa dan permusuhan, dan ketidaktaatan terhadap Rasul (Muhammad SAW) tetapi lakukan untuk Al-Birr (kebenaran) dan Taqwa (kebajikan dan kesalehan), dan takut kepada Allah yang kepadanya kamu akan dikumpulkan. "(Quran, 58: 9)

Dari ayat ini menunjukkan bahwa Taqwa jauh lebih berarti dari sekedar kesalehan: itu adalah kombinasi dari kepercayaan, kesadaran diri, dan sikap kita. Taqwa adalah pengingat untuk tetap berada di jalan yang lurus, kesopanan dan mengetahui perbedaan antara yang benar dan yang salah. Taqwa adalah tentang memiliki Kesadaran Tuhan dalam hal mengetahui dan mematuhi semua perintah-Nya termasuk tidak hanya takut kepada-Nya tetapi juga bertindak dalam semua arahan-Nya. Dalam Al Qur'an, Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman! Takut pada Tuhan dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar (dalam kata dan perbuatan). "(Quran, 9: 119)

Dalam Alquran dan Sunnah Taqwa didefinisikan sebagai konsep melindungi diri dari api neraka dengan mengikuti perintah Allah SWT, dengan melakukan apa yang Dia (SWT) telah perintahkan dan dengan menghindari apa yang Dia (SWT) telah larang. Banyak Ayat dalam Al-Qur'an menunjuk pada hal ini (Taqwa): “Dan bagi Allah adalah milik semua yang ada di langit dan semua yang ada di Bumi. Dan, sesungguhnya, Kami telah menyuruh kepada orang-orang yang diberi Kitab Suci sebelum Anda, dan kepada Anda (hai Muslim) agar Anda (semua) takut  (Taqwa) kepada Allah dan menaati tugas Anda kepada-Nya, Tetapi jika Anda tidak percaya, maka bagi Allah adalah milik semua yang ada dalam langit dan semua yang ada di bumi, dan Allah Maha Kaya, Layak untuk semua pujian. ”(Al-Quran, 4: 131)

Taqwa bertindak sebagai penghalang antara umat Islam dan kemarahan dan ketidaksenangan Allah (SWT). Dalam Hadits Nabi (SAW) berkata: "Takut pada Allah (Taqwa) karena itu adalah kumpulan dari semua kebaikan." takut akan Allah dan harus melakukan amal shalih yang merupakan sumber untuk membua Allah ridha.

Manfaat taqwa dari Quran

Di bawah ini kita akan membahas beberapa manfaat Taqwa dari Quran:

Taqwa Adalah pedoman bagi mereka yang Muttaqin (orang-orang taqwa) seperti yang dikatakan Allah dalam Al-Quran: "pedoman bagi mereka yang Bertaqwa akan Allah" (Quran, 2: 2). Orang-orang yang takut (Taqwa) kepada Allah SWT akan mencari bimbingan dari Kitab Suci Quran.

Orang yang taqwa akan dipermudah Hidupnya. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: “Dan barangsiapa yang takut (Taqwa) akan Allah, Ia akan memudahkannya dalam urusannya.” (Al-Quran, 65: 4). Siapa pun yang memiliki Taqwa, Allah menjadikan mudah baginya di dunia ini dan juga akhirat. Ini tidak selalu berarti bahwa orang tersebut tidak akan menghadapi kesulitan, tetapi melalui berkah Taqwa-nya, ia dijamin mudah dan kekuatan untuk menanggung kesulitan-kesulitan ini tanpa kehilangan iman atau harapan kepada Allah SWT. balasan menghadapi kesulitan-kesulitan ini akan diberikan oleh Allah di akhirat.

Cinta Allah untuk Muttaqin (orang yang Taqwa) Dalam Alquran, Allah SWT menyatakan bahwa: "Sesungguhnya Allah mencintai Muttaqin (orang yang Taqwa) " (Quran, 3:76). Dari ayat ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Allah mencintai orang-orang yang saleh yaitu yang melakukan amal saleh. Taqwa adalah sumber untuk mendapatkan cinta dan berkah Allah.

Jalan keluar dari Kesulitan: Allah berfirman dalam Al-Quran tentang mereka yang menghadapi masalah dalam sebuah ayat bahwa: "Dan barangsiapa yang takut akan Allah, Dia akan membuat baginya jalan keluar." (Quran, 65: 2). Orang yang menghadapi kesulitan tetapi tetap teguh dalam iman mereka demi Allah maka Dia (SWT) pasti akan membuat cara bagi mereka untuk menyingkirkan masalah ini. Taqwa berfungsi sebagai penjaga ilahi terhadap cobaan dunia ini serta kesulitan di akhirat.

Taqwa Penerimaan amal: Allah berfirman dalam Quran tentang penerimaan tindakan atau perbuatan dalam kata-kata ini: "Allah hanya menerima dari orang-orang taqwa" (Quran, 5:27). Orang-orang yang Muttaqin (orang yang Taqwa) Allah mencintai mereka dan menerima tindakan dan perbuatan mereka.

Orang yang Taqwa  akan memperoleh Rezeki Tak Terduga: Allah SWT adalah pencipta dan pemelihara alam semesta. Apa pun yang seseorang butuhkan dan keinginan rezeki dapat ditemukan dalam harta-Nya yang sangat besar. Dalam Al-Qur'an Suci, Allah berfirman: “Dan jika orang-orang di kota-kota itu percaya dan memiliki Taqwa, tentunya Kami seharusnya membuka bagi mereka berkah dari langit dan bumi."

Orang yang Taqwa selamatan dari neraka: Allah berfirman bahwa: "Maka Kami akan menyelamatkan orang-orang yang memiliki taqwa" (Quran, 19:72). Allah akan menyelamatkan Muttaqin (orang yang Taqwa) dari api neraka, jadi cobalah untuk melakukan amal saleh. Jadilah orang yang saleh dan dapatkan balasan dari Allah SWT.

Taqwa dapat membedakan kebenaran dari kepalsuan: Ketika seorang mukmin melihat bahwa ketaatannya kepada Allah dan cintanya untuk tetap di atas segalanya, ia dianugerahi oleh Allah dengan pandangan membedakan antara yang benar dan yang salah atau kita bisa mengatakan perbuatan baik atau buruk. Dalam Alquran, Allah berfirman: “Hai kamu, yang beriman! Jika kamu takut kepada Allah, Dia akan memberimu kriteria (furqan). ”(Quran, 8:29)

Sukses dengan Taqwa: Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: "Miliki taqwa kepada Allah agar kamu berhasil" (Al-Quran, 3: 200). Siapa pun yang ingin berhasil dalam kehidupan ini dan akhirat harus melakukan perbuatan yang benar untuk diridhai Allah SWT. Taqwa juga melakukan amal saleh karena takut kepada Allah SWT.

Taqwa dapat membuat Ketenangan: Allah berfirman dalam Al-Quran Suci: "Dialah (Allah) yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang beriman." (Quran, 48: 4). Orang yang menginginkan ketenangan harus melakukan taqwa yang berarti takut kepada Allah SWT sehingga mereka menjadi saleh. Ketika mereka menjadi saleh, mereka merasakan ketenangan dan ketentraman di hati mereka seperti yang disebutkan Allah dalam Al-Quran.

Untuk keberhasilan dalam kebohongan dan akhirat ini, kita harus melakukan taqwa. Kita seharusnya tidak menunda meningkatkan taqwa kita. Harus berdoa kepada Allah SWT untuk membimbing kita menuju jalan yang benar dan membantu kita menjadi Muslim yang saleh dan salehah. Aamiin!
LihatTutupKomentar