Pelajaran Dari Lebah

Lebah tunduk kepada Allah swt. dan menerima apa pun yang Dia berikan kepada mereka. Mereka diciptakan untuk melayani kita, dan agar kita menghargai mereka sebagai hadiah dari Allah. Lebah senang dan puas untuk melaksanakan tujuannya. Giliran kita sebagai manusia untuk tunduk kepada Allah, menyembah-Nya dan puas dengan apa yang Dia berikan kepada kita.

Surat ke 16-dari Quran disebut "An-Nahal" atau Lebah. Lebah telah memproduksi madu sekitar 15 hingga 20 juta tahun. Meskipun surah ke-16 berbicara tentang banyak hal menarik, Allah swt. memilih nama "Lebah", untuk mendapatkan perhatian kita pada pentingnya lebah. Lebah adalah salah satu dari mukjizat Allah swt. Kita harus melihat mereka, belajar dari mereka dan ingat untuk mengatakan, Subhana Allah, atau Mashaa Allah, itulah yang dikehendaki Tuhan. Tujuan Tuhan  memberi kita makhluk yang indah ini untuk melayani kita.

Lebah tidak hanya memberi kita madu lezat yang kita konsumsi, tetapi mereka juga sangat penting untuk menjaga tanaman kita hidup dan sehat. Mereka juga membuat lilin lebah yang digunakan dalam banyak barang. Ketika lebah pergi ke bunga untuk memakan serbuk sari mereka (bagian kecil dari bunga yang penting untuk menanam biji, buah, atau lebih banyak bunga), mereka membawa beberapa serbuk sari ini ke tubuh mereka. Mereka memindahkan serbuk sari ini di antara bunga yang berbeda. Itulah yang kami sebut penyerbukan silang. Penyerbukan ini membantu menjaga tanaman tetap hidup dengan membuat lebih banyak biji atau bunga. Dari biji kita dapat memiliki lebih banyak tanaman.

Itu adalah mukjizat Tuhan yang luar biasa. Lebah adalah pekerja utama penyerbukan silang. Jika bukan karena mereka, setengah dari bunga kami yang paling indah akan hilang. Lebah bekerja dengan kecepatan luar biasa. Seekor lebah madu, menyodorkan hidungnya menjadi satu bunga demi bunga, dapat menyerbuki dengan kecepatan sekitar 30 bunga per menit!

Lebah tunduk kepada Allah swt. dan menerima apa pun yang Dia berikan kepada mereka. Mereka diciptakan untuk melayani kita, dan agar kita menghargai mereka sebagai hadiah dari Allah. Lebah senang dan puas untuk melaksanakan tujuannya. Giliran kita sebagai manusia untuk tunduk kepada Allah, menyembah-Nya dan puas dengan apa yang Dia berikan kepada kita.

Dalil

QS.16: 68-69 artinya: Dan Tuhanmu mengilhami lebah: membangun rumah di gunung dan pohon, dan di (sarang) mereka membangun untukmu. Kemudian makanlah dari semua buahnya, dengan mengikuti rancangan Tuhanmu, dengan tepat.  Dari perut mereka muncul minuman warna yang berbeda, di mana ada obat untuk manusia. Ini harus menjadi (cukup) bukti bagi orang yang memikirkan.

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui bahwa, lebah betinalah yang membuat sarang, bukan lebah jantan. Informasi ini tidak diketahui ketika Quran diberikan kepada Nabi Muhammad lebih dari 1400 tahun yang lalu, tetapi hanya Allah yang tahu. Allah dalam Al Qur'an menggunakan kata-kata yang berarti lebah betinalah yang membangun sarang.

Beberapa fakta menarik tentang Lebah

  • Lebah mempertahankan suhu 92-93 derajat Fahrenheit di dalam sarangnya terlepas dari apakah suhu di luar sangat panas atau sangat dingin ..
  • Lebah madu menghasilkan lilin lebah dari area kecil di bagian bawah tubuh mereka.
  • Lebah madu harus mengkonsumsi sekitar 17-20 pon madu untuk dapat menghasilkan setiap pon lilin lebah.
  • Lebah madu dapat terbang hingga 10 mil dari sarangnya untuk mencari makanan. Namun, biasanya, mereka terbang satu atau dua mil jauhnya dari sarang mereka untuk mencari makanan di atas bunga.
  • Lebah madu pekerja hidup selama sekitar 4 minggu di musim semi atau musim panas, tetapi hingga 6 minggu selama musim dingin.
  • Ratu dapat bertelur 600-800 atau bahkan 1.500 telur setiap hari selama 3 atau 4 tahun masa hidupnya. Produksi telur harian ini mungkin sama dengan beratnya sendiri. Dia terus-menerus diberi makan dan dirawat oleh lebah pekerja.
  • Koloni yang sibuk dapat berisi 40.000 hingga 60.000 lebah.
  • Lebah madu terbang dengan kecepatan 15 mil per jam. Lebah madu mengunjungi 50-100 bunga selama satu perjalanan pengumpulan.
  • Madu adalah 80% gula dan 20% air. Ini adalah makanan lezat ketika dimakan dengan sendirinya atau ditambahkan ke makanan lain.
  • Madu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pembalut luka karena mikroba tidak dapat hidup di dalamnya.
  • Lebah madu harus menyadap sekitar dua juta bunga untuk menghasilkan satu pon madu.
  • Seekor lebah terbang lebih dari 55.000 mil untuk membawa Anda satu pon madu. Rata-rata lebah madu pekerja hanya menghasilkan 1/12 sendok teh dalam hidupnya.

LihatTutupKomentar