10 Keutamaan Shalat Tahajud


Sholat malam atau biasa disebut shalat tahajud adalah shalat  yang dilakukan selain shalat wajib. shalat tahajud Ini adalah salah satu sunnah dan biasanya dilakukan pada malam hari (shalat tahajud). Waktu yang tepat untuk melakukan shalat tahajud adalah antara waktu isha dan waktu fajr. shalat tahajud bersifat sunnah, tidak wajib. Nabi kita mendorong umatnya untuk secara rutin melakukan shalat tahajud karena itu adalah shalat terbaik setelah shalat wajib. Nabi kita pernah bersabda:
"shalat terbaik setelah shalat wajib adalah doa malam (shalat tahajud)." (Sahih Muslim)
Untuk melakukan shalat tahajud, kita harus tidur dulu dan berniat untuk bangun di tengah malam. Kita dapat menggunakan alarm untuk membantu kita bangun di malam hari. Kita dapat melakukanshalat tahajud setelah menyelesaikan sholat isya baik di awal malam, tengah malam. Tidak ada jumlah rakaat tertentu untuk shalat tahajud, tetapi biasanya shalat tahajud dilakukan dua rakaat dan diikuti oleh dua rakaat setelah itu, dan seterusnya. Ini didasarkan pada hadits di bawah ini:
"Kalau kamu bangun untuk shalat malam (shalat tahajud), mulailah dengan dua rakaat pendek." (Muslim, Ahmad, Abu Dawud)
Menyadari pentingnya shalat tahajud bagi umat Islam, sekarang kita akan menemukan beberapa manfaat dari shalat tahajud untuk kita.

Shalat Tahajud Waktu Terbaik untuk Perenungan Intim

Memang, waktu terbaik untuk perenungan dengan Allah adalah waktu melakukan shalat tahajud. Apa yang menjadikan shalat tahajud waktu terbaik adalah karena sebagian besar bisnis kehidupan sering absen di malam hari.
Selain itu, kebanyakan orang di sekitar kita tidur sehingga kita dapat lebih yakin dan jujur ​​dalam melakukan doa kita. Kita bisa mengatakan apa saja kepada Allah dan meminta penutupan masalah hidup kita ketika shalat tahajud.
"Hai! bangun malam adalah (saat) ketika kesan lebih tajam dan ucapan lebih pasti. Lihat! Anda memiliki rantai bisnis pada hari itu. Jadi, ingatlah nama Tuhanmu dan curahkan dirimu dengan pengabdian sepenuhnya. "(Qur'an, 73: 6-7)

2. Kebajikan yang Sama dengan Amal

Nabi kita pernah berkata bahwa melakukan shalat tahajud akan dihargai oleh Allah dengan kebajikan sama seperti amal terbuka atas amal terbuka. Diceritakan dalam hadits di bawah ini:
“Keutamaan shalat tahajud dibanding shalat siang adalah seperti kebajikan dari amal rahasia di atas amal terbuka.” [Tabarani]

3. Shalat Tahajud Cara Agar Dosa Kita Diampuni

Allah menggambarkan orang-orang beriman sejati sebagai mereka yang mencari pengampunan darinya di malam hari selama shalat tahajud. Seringnya shalat malam kita mendefinisikan pengabdian kita sebagai Muslim. Allah memberi tahu kita dalam ayat di bawah ini:
"... dan, pada waktu fajar, mereka mencari pengampunan dari tuan mereka ..." (Qur'an, 51:18)

4. Shalat Tahajud Cara Mendapatkan Surga Allah

Diceritakan oleh Nabi kita dalam hadits di bawah ini:
“Wahai manusia, sebarkan Salam (salam damai), berikan makanan, pertahankan hubungan keluarga, dan sembahyang di malam hari ketika orang-orang tertidur (shalat tahajud). Dengan ini, kamu akan masuk Surga dengan damai. ”(Ibn Majah)

5. Shalat Tahajud Sebagai Perlindungan dari Setan

Nabi pernah mengatakan bahwa sholat malam (shalat tahajud) bisa menjadi perlindungan terbaik kita dari setan, yang membantu kita menyingkirkan godaan dan keinginan mereka. Diceritakan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Uqba ibn Amir (R.A):

6. Shalat Tahajud Sarana Terkabulnya Doa

Shalat tahajud bisa menjadi pintu rahmat bagi semua Muslim. Abu Hurairah (ra dengan dia), meriwayatkan bahwa Nabi mengatakan:
“Tuhan turun setiap malam ke surga terendah ketika sepertiga dari malam itu tetap dan berkata:‘ Siapa yang akan memanggil Aku, agar aku menjawab panggilannya? Siapa yang akan berdoa kepada-Ku, aku akan memberikannya? Siapa yang akan mencari pengampunan-Ku, akan aku ampuni? '”(Al-Bukhari dan Sahih Muslim)

7. Shalat Tahajud Implementasi Sunnah

Mengikuti sunnah Nabi kita adalah perbuatan besar untuk dilakukan. Salah satu sunnah yang dibujuk oleh Nabi kita adalah untuk melaksanakan shalat tahajud.
Kebiasaan melaksanakan shalat tahajud yang dulunya dilakukan oleh A'ishah, istri Nabi :
Ketika Nabi berdoa (shalat tahajud), ia akan berdiri sampai (kulit) kakinya membengkak. Jadi saya bilang:
"Wahai Nabi Allah, apakah kamu melakukan itu sementara Allah telah mengampuni kamu semua kesalahan?"
Dia menjawab: "Bukankah aku harus menjadi hamba Allah yang bersyukur?" (Muslim)
Kita perlu mencerminkan pengabdian kita sebagai Muslim. shalat tahajud inilah yang membedakan dengan orang-orang yang tidak percaya. Cara termudah untuk mencerminkan pengabdian kita selain melakukan shalat wajib, puasa selama ramadhan, dan melakukan amal adalah dengan shalat tahajud. shalat tahajud bermanfaat untuk akhirat kita dan dijamin dengan belas kasihan. Allah telah memberi tahu kita dalam ayat di bawah ini:

8. Shalat Sahajud Cara Mendapatkan Pahala Yang Banyak dari Allah

Allah mencintai orang-orang yang bangun di malam hari (shalat tahajud) untuk kemurahan, permohonan, dan pengampunan-Nya. Tidak ada yang bisa kita andalkan sebagai sandaran kecuali Allah. Allah telah berjanji untuk menemani kita apa pun yang terjadi.
Memang diceritakan dalam ayat di bawah ini:
‘Mereka meninggalkan tempat tidur mereka untuk menangis kepada Tuhan mereka dalam ketakutan dan harapan, dan menghabiskan apa yang telah Kami berikan kepada mereka. Tidak ada jiwa yang tahu apa yang dirahasiakan dari mereka, sebagai balasan atas apa yang biasa mereka lakukan. "(Al-Quran, 32: 16-17)

9. Shalat Tahajud Perbuatan Terbaik

Shalat-shalat terbaik setelah shalat wajib adalah shalat malam (shalat tahajud). Melihat begitu banyak manfaat shalat tahajud, Nabi kita tidak pernah berhenti membujuk kita untuk mulai melakukan shalat tahajud.
Abu Hurairah (semoga Allah meridhoinya) menceritakan bahwa Nabi mengatakan:
"Bulan terbaik untuk menjalankan puasa setelah Ramadhan adalah bulan Muharram Allah, dan Shalat terbaik setelah Shalat yang ditentukan adalah Shalat di malam hari (shalat tahajud)." (Muslim)

10. Shalat Tahajd Kebiasaan Orang Benar

Islam sebagai cara hidup yang lengkap terjadi bagi orang-orangnya untuk menjadi benar karena itu sebenarnya adalah bagian dari iman. Menjadi orang benar akan diganjar dengan jumlah kebajikan yang sama dengan tindakan sunnahnya. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi orang benar, salah satunya adalah dengan melakukan shalat tahajud. shalat tahajud bermanfaat bagi kita karena menghapus dosa-dosa kita dan menghindari kita dari melakukan dosa. Nabi kita pernah mengatakan:

"lakukanlah shalat tahajud karena itu adalah kebiasaan orang benar, itu berarti Anda dekat dengan Tuhan Anda, penebusan dosa dan penghalang terhadap dosa." (Al-Albani)

Selain poin-poin yang disebutkan di atas mengenai manfaat shalat tahajud, manfaat lain dari shalat tahajud adalah akses mudah yang disediakannya untuk mencapai surga Allah. Melakukan sholat malam termasuk upaya luar biasa, oleh karena itu Allah menjamin mereka yang melakukan shalat tahajud secara teratur untuk masuk surga.
"Ketika seseorang, dari dua orang umatku bangun di malam hari dan memotivasi dirinya untuk Wudhu meskipun tidak merasa untuk melakukannya sejak itu, setan telah mengikat simpul padanya. Ketika dia mencuci kedua tangannya di Wudhu, satu simpul dilonggarkan, ketika dia mencuci wajahnya, simpul lainnya dilonggarkan ketika dia menyeka kepalanya dengan tangan yang basah simpul lain dilonggarkan, ketika dia mencuci kakinya simpul yang lain dilonggarkan. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berkata kepada orang-orang di balik tabir - malaikat-Nya: "Lihatlah hanba-hamba-Ku! Betapa banyak kesulitan yang dia hadapi dalam berurusan dengan Nafsnya (batin), jadi sekarang apa pun yang diminta hamba ini dari-Ku, itu akan diberikan kepadanya. ”(Ahmad)

Jadi tunggu apa lagi? Setelah mengetahui 10 manfaat sholat malam itu, kita, sebagai Muslim, akan mulai melakukan shalat tahajud secara teratur untuk mempertahankan amal baik kita, dan tentu saja untuk mendapatkan kemakmuran dari Allah sebagai Pencipta Terbesar kita. Semoga pada akhirnya kita akan selalu diberkati dengan cinta dan kasih yang meluap dari Allah!