5 Keutamaan Sedekah Dalam islam

Keutamaan sedekah, keutamaan sedekah jumat, keutamaan sedekah makanan, keutamaan sedekah subuh, keutamaan sedekah kepada orang tua, keutamaan sedekah air, keutamaan sedekah anak yatim, keutamaan sedekah rumaysho

5 Keutamaan Sedekah Dalam islam

Keutamaan Sedekah -Islam mengajarkan untuk saling peduli sesama makhluk, tidak hanya sesama manusia saja, hewan bahkan tumbuhan. Begitulah agama islam mengatur semua lini kehidupan di dunia ini dengan lengkap. Sedekah ini juga merupakan salah satu penyesalan mayat ketika sudah di kuburan, ia berharap kembali ke dunia untuk bisa bersedekah. Selain bersedekah dapat membantu sesama, sedekah juga memiliki keutamaan yang lain, diantaranya adalah:
Keutamaan Sedekah -Islam mengajarkan untuk saling peduli sesama makhluk, tidak hanya sesama manusia saja, hewan bahkan tumbuhan. Begitulah agama islam mengatur semua lini kehidupan di dunia ini dengan lengkap.

1. Keutamaan  Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Terhapusnya dosa-dosa disini bukan berati dengan bersedekah langsung dosanya berguguran, akan tetapi harus di ikuti dengan perbuatan yang baik dan taubat kepada Allah. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم berkata, "Sedekah dapat menggugurkan dosa seperti air dapat memadamkan api" (HR. At-Tirmidzi).
Sedekah merupakan salah satu cara yang mudah yang disediakan Allah untuk mengugurkan dosa-dosa yang kita miliki. Senyum saja itu dianggap sedekah, jadi ketika kita senyum pepada orang lain itu akan diganjari pahala sedekah oleh Allah swt.

2. Amalan Mudah Banyak Pahala

Dalam islam sedekah tidak melulu berbicara tentang uang, secara umum sedekah itu adalah segala perbuatan baik maka itu dianggap sedekah. ketika kita tidak mampu bersedekah dengan uang kita bisa bersedekah dengan tenaga. jiga tidak mampu dengan tenaga, kita bisa bersedekah dengan ilmu. bahkan dengan tersenyum saja juga bisa bersedekah. jadi semua orang bisa bersedekah. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم Bersabda: "engkau menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan adalah sedekah bagimu." (HR Bukhari).

Tidak punya uang tidak berarti penghalang untuk  dapat beramal. sudah kita ketahui bahwa tangan diatas itu lebih baik daripada tangan yang di bawah. Merupakan sebuah kesalahan jika kita menganggap sedekah itu hanya dengan uang, tetapi juga tersenyum, membantu orang saat sulit, membersihkan kamar ketika tidak ada yang membersihkan, dan sebagainya.

3. Bersedekah Tidak Akan Membuat Kita Miskin

Rasulullah صلى الله عليه وسلم Bersabda: "Hartamu tidak akan berkurang dengan sedekah...." (HR. Muslim, no. 2588)

Belum pernah telinga kita mendengar cerita orang yang rajin bersedekah kemudian dia mejadi miskin, mengalami kebangkrutan dan kesulitan yang laiannya. Sebaliknya betapa banyak kita mendengar cerita orang sukses karena rajin bersedekah.dikatakan bahawa orang yang rajin bersedekah akan bertambah berkah hartanya.

4. Allah Melipatgandakan Pahala Kepada Mereka Yang Memberi Sedekah

Kenapa bersedekah bisa membuat pahala berlipat ganda? Karena sedekah adalah salah satu perbuatan manusia yang membuahkan pahala yang berlipat ganda. Sebagaimanan Allah Ta'ala Berfirman: "Mereka yang memberi sedekah baik pria maupun wanita dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak". (QS. Al-Hadid: 18). Berdasarkan ayat ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa dengan sedekah  Allah akan melipat gandakan pahala dan memberikan banyak pahala.

5. Kebajikan Sedekah: Mendapatkan Naungan di Hari Kiamat

Sebagai mana yang kita tahu di padang mahsyar kelak, matahari akan didekatkan kepada manusia. Sehinggak jarak mata hari dengan mereka hanya 1 mil. ketika itu manusia kana merasa kepanasa, dan keringat mereka akan bercucuran sesuai dengan banyak dosa yang pernah dilakukan ketika didunia. Pada saat itulah akan ada 7 golongan  yang akan mendapat naungan dari Allah, salah satunya adalah orang yang bersedekah.

Itulah 5 Keutamaan sedekah, semoga kita dapat termotivasi dengan mengetahui keutaman-keutamaan tersebut.