Keutamaan Menuntut Ilmu Agama

Keutamaan menuntut ilmu agama dalam islam yang banayk orang ketahui, Kepoislamid.com telah meringkasnya sebagai berikut
Keutamaan menuntut ilmu agama dalam islam yang banayk orang ketahui, Kepoislamid.com telah meringkasnya sebagai berikut

Dahsyatnya Keutamaan Menuntut Ilmu

Setiap muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu terutama ilmu agama. karena dengan ilmu agama kita mengetahui mana yang dihalalkan oleh Allah dan mana yang di haramkan oleh Allah. Ilmu umum juga harus dipelajari selama itu bermanfaat, tapi yang lebih dari itu adalah ilmu agama. Akan tetapi kebanyakan dari kita menyampingkan ilmu agama. kita lihat saja contohnya anak SD belajar ilmu agama itu seminggu cuma satu kali pertemuan. katanya kita harus seimbang, katanya tidak boleh ekstrim, kalau kita lihat jauh sekali perbedaan antara kita mempelajari ilmu agama dibandingkan dengan ilmu umum. Kalaulah kita ketahui keutaman dalam menuntut ilmu itu sangat banyak. 
Diantara banyaknya keutamaan menuntut ilmu kepoislamid.com meringkasnya sebagai berikut:

Keutamaan Menuntut Ilmu Agama

1. Amal Jariyah

Menuntut ilmu Merupakan amalan jariyah, yaitu amalan yang terus menerus mengalir pahalanya meskipun orangnya telah meninggal dunia. Untuk itu mari kita selau bersemangat untuk menuntut ilmu. betapa banyak kita melihat orang yang sudah tua, akan tetapi mereka memiliki kemauan yang tinggi untuk menuntut ilmu. bagaimana dengan kita yang masih muda?. seharusnya kita lebih giat dan bersemangat untuk menuntut ilmu. Sebagaimana Sabda Rasulullah saw:
"Jika seseorang meninggal, perbuatannya (amalannya) akan terputus, kecuali untuk tiga hal: shodaqoh jariahnya, pengetahuan yang berguna (bermanfaat) dan anak yang saleh yang berdoa untuk orang tuanya," (Bukhori dan HR Muslim)

2. Akan Diangkat Derajatnya

Orang yang mencari ilmu, baik itu ilmu Agma maupun ilmu umum, maka derajatnya akan tinggi dimata manusia. Akan tetapi bagi orang yang menuntut ilmu agama selain tinggi di mata manusia juga mulia dimata Allah swt. Allah muliakan orang-orang yang enuntut ilmu agama dengan mengangkat derajatnya. sebagaimana Allah swt. berfirman:
"Allah mengangkat orang-orang beriman dan orang-orang yang memiliki pengetahuan dari kalian beberapa derajat dan Allah tahu apa yang kamu lakukan(QS. Mujadilah 11)

3. Takut Kepada Allah

Orang yang paham dengan ilmu agama, paham halal haram, aqidahnya benar, maka dia akan takut kepada Allah swt. Dia akan menyadari tujuan penciptaannya yaitu hanya untuk beribadah kepada Allah swt. sehingga dia patuh dan tunduk terhadap perintah Allah swt. beginilah keutamaan menuntut ilmu agama, semaki  kita pelajari semakain kita menyadari kita ini hanya lah seorang yang lemah tidak berdaya tanpa pertolongn dari Allah swt. Allah berfirman:
"Hanya saja orang yang takut kepada Allah diantara kalian adalah orang-orang yang berilmu"(QS. Fathir 25).

4. Jalan Menuju Surga

Dengan menuntut ilmu kita akan dipermudah oleh Allah swt. untuk mendapatkan surga ALlah swt. karena dengan ilmu aga kita kan paham perintah dan larangan Allah, sehingga kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari berlandaskan dengan perintah Allah swt. Berbeda dengan orang yangtidak berilmu, meskipun dia rajin ibadah, namun sering keliru karena kurangnya penhetahuannya tentang ibadah yang dia lakukan
 "Siapa pun yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu maka Allah akan mempermudah jalan ke surga baginya," (HR. Muslim)
Itulah 4 keutamaan menuntut ilmu yang telah dirangkumkan oleh kepoislamid.com. semoga bermanfaat dan membuat kita lebih bersemangat lagi dalam menuntut ilmu.