Keutamaan Hari Jumat Dalam islam

Keutamaan hari jumat menurut islam rumaysho nu online beserta amalannya sesuai al quran dan sunnah

Dalam islam hari jumat memiliki keutamaan tersendiri, makanya kita sebagai umat islam memuliakan hari ini dengan amal-amal shalihKita sebagai umat islam harusnya memuliakan hari jumat, karena pada hari ini terdapat banyak keutamaan-keutamaan yang bisa kita peroleh. Seperti Nabi Adam as. diciptakan hari jumat, diturunkan ke bumi hari jumat, dan dimasukkan kedalam surga pada hari jumat, dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jumat. Sebagai seorang muslim kita harus menjadikan hari ini hadalah hari raya atau hari kegembiraan, seperti menggunakan pakaian yang bagus, menyiapkan pakaian yang enak, dan beribadah lebih ditingkatkan daripada hari-hari lainnya. karena diantara juam kejumat berikutnya pembersihan dosa diantara keduanya.
Kepoislamid.com Telah merangkum keutamaan hari jumat sebagai berikut:

Hari Jumat Adalah Hari  Raya Umat Islam

Kenapa hari jumat adalah hari raya umat islam? karena ada beberapa alasan diantaranya adalah
Nabi Adam as. Diciptaan pada hari jumat, dan nyawanya dicabut pada hari jumat juga. Selain itu juga Orang Yahudi memilih Hari Sabtu sebagai hari raya mereka, orang Nasrani memilih hari Ahad sebagai hari raya mereka, dan kita sebagai Umat Islam Hari jumat Adalah Hari Raya kita.
Malaikat Israfil diperintahkan oleh Allah swt. pada hari jumaat untuk meniup sangkakala, sebagai tanda pada hari itu akan berakhir seluruh kehidupan dimuka bumi ini.

Memperbanyak Doa

Pada hari jumat para ulama mengatakan hari jum'at itu adalah “Sa’atul Ijabah” yaitu saat dimana doa seorang hamba tidak akan tertolak, pasti dikabulkan oleh Allah swt. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk memperbanyak doa pada hari jumat baik pada siang hari maupun pada malamnya.

Memperbanyak Zikir Dan Shalawat

Hari jumat adalah hari yang tepat untuk memperbanyak zikir, shalawat dan ibadah-badah lainnya. karena pada hari ini amal perbuatan kita akan dilipatgandakan, maka sangat rugi bagi kita kalau tidak menggunakan kesempatan ini untuk memperbanyak mengingat Allah swt. Bahkan Sangat dianjurkan bagi kita yang memiliki perusahaan untuk memberikan hari jumat adalah hari libur bagi karyawan kita. agar mereka bisa lebih fokus untuk beribadah dang mengingat Allah swt.

Hari Jumat Hari Pengguguran Dosa-dosa

Siapa saja orangnya  yang melaksanakan shalat Jum’at sesuai dengan ajaran adab dan tata cara dari Rasulullah, maka dosa-dosanya yang dilakukan antara Jum’at tersebut dan Jum’at sebelumnya akan diampuni.
Itulah 4 keutamaan yang hari jumat yang kepoislamid.com rangkumkan, semoga bisa memberi manfaat, dan pengetahuan baru serta dapat diamalkan dengan benar.
LihatTutupKomentar